Bandar Lampung, 28 Juli 2025 – Program Studi S-1 Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila) menerima kunjungan tim asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) dalam rangka asesmen lapangan akreditasi yang berlangsung di ruang sidang lantai dua Gedung Dekanat FKIP Unila.
Kegiatan asesmen lapangan ini menghadirkan dua asesor LAMDIK, yakni Prof. Dr. Phil. Ichwan Azhari, M.S. dari Universitas Negeri Medan dan Prof. Dr. Farida, M.Si. dari Universitas Sriwijaya.
Acara pembukaan asesmen dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unila, Prof. Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T., jajaran pimpinan FKIP, dosen, tenaga kependidikan, serta tim penyusun borang dari Program Studi Pendidikan Sejarah.
Dalam sambutannya, Prof. Suripto menekankan pentingnya asesmen ini sebagai langkah strategis untuk melakukan refleksi dan evaluasi menyeluruh terhadap kinerja program studi.
“Hari ini menjadi kesempatan yang sangat penting bagi Program Studi S-1 Pendidikan Sejarah dalam upaya mengevaluasi kinerja secara menyeluruh. Kami berharap melalui asesmen lapangan ini, prodi dapat meraih akreditasi Unggul dan semakin kokoh sebagai pencetak tenaga pendidik dan praktisi sejarah yang berkualitas,” ujarnya.
Sementara itu, Prof. Ichwan Azhari menjelaskan bahwa asesmen ini merupakan bagian dari proses penilaian eksternal yang dilakukan LAMDIK setelah tahap asesmen kecukupan. Tim asesor bertugas memverifikasi dan menilai langsung kondisi riil program studi, baik dari aspek manajerial, akademik, sarana prasarana, hingga proses pembelajaran.
Kegiatan asesmen ini menjadi wujud komitmen Unila dan FKIP dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan akuntabilitas penyelenggaraan program studi. Saat ini, FKIP Unila telah memiliki sepuluh program studi berstatus akreditasi Unggul, dan terus mendorong program studi lainnya untuk mencapai standar tertinggi dalam penilaian akreditasi nasional.
Dengan semangat yang sama, Program Studi Pendidikan Sejarah diharapkan mampu menyusul capaian tersebut dan memperkuat kontribusinya dalam mencetak lulusan yang profesional, adaptif, serta siap menjawab tantangan dunia pendidikan dan sejarah masa kini.